Selasa, 12 Juni 2012

Antara kau, aku dan dia part 1 ( III )

“haduuuhh …. Panas yah bang?”tnyaku panik,buru2 ngipasin perut orng itu pakai buku catatanku.
“maaf yah bang,aku gag sengaja.”kataku lagi masih sibuk mngipas-ngipas.aku bner2 takut mungkin gag sih si abang in marah ? tdi dia menjerit waktu nampan mie ayamnya ku senggol dan mangkok mie ayamnya nemplok kperutnya,jelas aja dia mnjerit mie ayamnya kan pasti hot bgd,tiba-tiba cwo yang sedang kukipasi itu membuka
kaosnya sehingga perunya terlihat oleh kami berdua.
Waw … kulitnya merah tebakar dan kuah mie ayam bercucuran sampai kecelananya,ta tuhan,bener2 deh aku ngerasa gag enak bgd.
“nuera,yah ?”
“iyach .“ jawabku sambil terus mngipasi perutnya yang sekarang tampak mengilat2 licin berminyak tpi perutnya bagus,eh tpi kok dia tau namaku?aku langsung mendongak,mau melihat wajahnya.
“siapa yah?”tanyaku
“gue tama.” Jawabnya
Aku mngingat2 mmperhatikan mukanya dengan seksama,siapa sih?tama yg mna?
“tama.”tanyaku lagi berhenti mngipas,bener deh aku gag kenal.
“tama,rizky aried pratama gendud.”katanya sambil menggunakan kaosnya untuk mngelap perutnya yg berminyak itu,aku lihat perutnya,apanya yg gendud? Gendud dri brazil? Tapi kyaknya kau ingat,tama … pratama gendud .
Ini ….. si tama endud yg itu?tama berengsek !
Ingatan masa lalu ku yang menyebalkan tiba2 melintas dengan cepat dikepalaku,
“elu yg melorotin rok gue kan ?”sentakku.berunah jadi maeah menunjuknua sambil melotot,dia langsung nyengir.maunya sich aku memukulnya saja,balas dendam buat kejadian waktu itu,tpi waktunya kurang tepat,mna aku udah numpahin mie ayam ke perutnya lgi.
“udah gede bgd sih lu.”ktanya
“cantik kan gue skarang?”jawabku sambil tersenyum padanya.
“lumayan,dari pada lumanyun.”katanya
“tpi tompel dipaha lu luml kmna2 kn?”
“sialan lu gendud !!!”
Tama langsung mmperlihatkan perutnya.oke dia mang gag gendud lagi.malahan jadi kurus trus tinggi dan jdi agk sedikit ganteng.bener deh,siapa yg nyangka kalo ini tuh si tama gendud,dlu aku ingetnya dia gendud,item,plus ingusnya suka belepotan kemana2.pokoknya jauh dari keadaannya yg sekaranglah.sumpah aku jdi terpesona dan memandangi wajahnya lama bgd,sampe2 aku lupa akan keberadaan ika disekitarku.
“hhmm ….. hhmm …..”
“oh… iya,nie tmen gue,ika.”kataku sambil bilang ke ika,ika langsung merengut.”maksud gue,namanya tama,tama ini ika”peristiwa salaman pun terjadi.
Sejenak keadaan hening bingung mau ngomong pa lgi.
Tama lalu melangkah meninggalkan kami.
“mau kmana lu?”tnyaku
“mandi.”jawabnya pendek
“mandi ?mau mndi?aku langsung berpandangan dengan ika.”mungkin dia mau ngebersihin perutnya.”kataku
“emang dia siapa sih?”tnya ika
“tama.”jawabku
“maksud gue ,apanya elu?”
“kakak kelas gue waktu SD.”pikiranku masih melayang2 msih keheranan ngelihat metamorfosis anak itu.
“terus,yg katanya rok lu dipelorotin itu,gmna?”
Si ika ini suka pngin tau aja.
“dia tuh bangor bgd,preman gitu deh,waktu gue kelas 4 dia kelas 6,gue tuh udah capek sama dia,soalnya dia sering bgd malakin gue,suka mnta duit 1000 gtu,tpi pling gue kasih gopek,kalo gag cepek juga diembat ja ma dia,pernah gue gag mo ngasih,eh tau-tau tok gue dipelorotin sama dia,pas lagi upacara bendera lgi.”
Ika langsung ngakak.
“emang roknya aja yg kendor tau!” sunggutku
“terus elu nonjok dia?”tnya ika masih sambil menahan tawanya
“gue nangis”.
Tawanya semakin ga bisa dihentikan.
Lima menit kemudian si tama balik lgi,mmbwa pengki dan sapu.tanpa bnyak omong lagi dia lalu mmbersihkan pecahan2 mangkok yg masih berserakan dibawah kami.
“katanya mau mandi?” tanyaku
“gag jdi,ada orng  lagi mandi.”jwabnya sambil terus mengangkut beling2.
Tama meninggalkan kamu lagi untuk membuang  pecahan2 itu,setelah itu dia balik lagi membawa kain pel dan langsung membersihkan genangan kuah mie ayam yg mulai menjijikan.
“sekarang  lu kerja disini?”tanyaku sambil mengangkat kaki,mngehindari alat pelnya yg menyeruduk kesana kemari.
“pnya paman,gue sih cma bantu duang.”jawabnya sambil masih mengepel
“jadi sekarang lu nganggur ?”
“gue kuliah.”jawabnya pendek,lalu pergi entah kmana.
“jadi mau mesen mie lagi gag?”tanya tama setelah ia kembali.ika buru2 melihat jam tangannya.
“udah kesorean.”ucap ika,”tpi gue mau,ka… gue laper?”
“oh …!”ika lalu melihat kemukaku,aduh ketahuan gag ya kalo aku lgi bohong.
“yah udah,lo gue tinggal ja ya?”
“jangan dunk.”rengekku
“lu mau ngeganriin gue kalo gue diomelin sma bokap?” tanyanya lgi.
“nggak deh,”jawabku sambil mngenggeleng.”kalo gtu lu duluan za.”
Diomelin bokapnya ika?plis deh,bisa rusak gendang telingaku.
Kalau saat2 begini ika memang pengertian,sekarang jadi bisa ngobrol banyak sama tama,PDKT gitu deh.thanks yah ika,duuhh ,,, senengnya…
“jadi mau pesen apa?”tnya tama
“tadi yg tumpah dihitung juga ga?tanyaku balik
“plus biaya ganti mangkoknya.”jawabnya sambil menganggukkan kepala.
“oh …… gitu,yah udah gue gag jadi mesen deh,”kataku sambil ngeluarin dompet.sialan ni kn seharusnya ika yang bayar,knpa malah gue yang bayar semua ini.aku melihat isi dompetku,kemudian nyengir ke arah tama.
“tadinya aku mo ditraktir ma ika”.kataku sambil cengengesan .
“oh … gitu.”nadanya gag tertarik.
“gue gag bawa uang,”tambahku dngan nada berslah.
Bibirnya terlihat berkerut2 mngkin jengkel atau kesal .yaahh slah dech.ku kirta dia bakalan maklum atau apa gitu,atau jdi cwo yg jentelmen dngan bilang gag papa kok,tpi malah kelihatan mau mencaci maki ku.lagian akunya juga yg tolol.berharap banyak ma cwo yg pernah melorotin rokku,kyak gag tau ja tipe1 kyak dia,cwo berngsek !
“kalo gag ada duit jangan sembarangan mesen dong.”
Ihh rese bgd nih orng,tdi kan dah bilang aku mau di traktir,gag ngerti bged sih.ilfil deh ,padahal tadi aku dah mau naksir sama dia.
Tama lalu mnghilang berjalan menuju bagian dalam kedai.aku menunggu dngan amat sangat gag nyaman, berengsek ! malu banged nich! Sempet aku berfikir untuk kabur ja dari sini,tapi aku kira itu bakalan buat suasana makin repot.dia bakalan ngejar2 aku trus triakin aku copet atau apalah,bisa2 orng sepasar pada nguber2 aku,sialll ! gara2 ingin PDKT nih! Dasar nuera bodoh.
Beberapa saat kemudian tama balik lgi mmbawa buku catatan.
“nih isi !”katanya sambil mnyodorkan buku catatan itu,aku melihat2 sebentar,hah catatan pnghutang.mukaku lansung berubah merah,baru sekali seumur hidup aku masuk dalam daftar orang2 ngutang.ini benar2 memalukan .aku enggan menulis namaku.
Nama lengkap : nuerasri’ul khusna.alamat “ stasiun timur no.12 ,nomor tlp : sekian2.
Sekilas aku lihat tama tersenyum,tpi mungkin itu hanya khayalan aku saja.
“ini perlu yach?”tanyaku
“kalo gag bayar seminggu biasanya gue tlpon .”jawabnya sambil mngambil buku iru dariku dan menuliskan angka 20.000 pada kolom jumlah hutang,
“udah ..?”tanyaku
“lu jdi mesen gag?”sekalian aja masukin hutang lu.”tawarnya
“gag usah,”jawabku seraya sambil berdiri mau pergi,
“loh ktanya tadi laper!”
Laper gue ilang.batinku nggak jadi gue makan drumah za.”aku langsung keluar dari kedai panas sialan itu,berjalan cepet-cepet nggak peduli meski si tama manggil2.akhirnya aku sampai di halte lalu naik angkutan umum jurusan rumahku.
                            
                                                                   *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar